Rabu, 21 September 2011

Memasang Widget / Gadget TV Online di Blog


Kadang pada saat nge-net, kita kangen juga lihat acara tv favourite kita, kan?
Bahkan bagi beberapa blogger, termasuk aku, kadang ingin juga memajang widget tv online ini langsung di blogku, hingga kalau suatu saat ingin nonton, tinggal akses aja blog sendiri....

Sayangnya.... beberapa situs yang menyediakan layanan tv streaming, jarang-jarang memberikan link dan kode html widget/gadgetnya.
Tapi... jangan khawatir.... setelah Googling kesana-sono, akhirnya, aku 'nyasar' juga ke Indoweb.Tv yang ternyata... saat ini mau memberikan kode html untuk widget tv streamingnya.

Dulu, pas pertama kali menemukan Indoweb, jujur aja, aku harus membongkar kode htmlnya dari fasilitas Page Source di Browser yang kita pakai, karena Indoweb memang belum memberikan kode htmlnya secara terbuka.

Mo nyoba ?

1. Login ke blogger
Login ke blogger dengan ID dan passwordnya untuk membuka control panel / Dashboard blog kita di Blogger.com
Lalu Klik tab Tata Letak, dan klik Tambah Gadget, hingga muncul jendela baru dengan berbagai pilihan gadget/widget, scroll aja ke bawah, sampai menemukan gadget untuk memasang kode HTML/Java Script.
Setelah meng-klik gadget HTML/Java Script, biasanya akan muncul jendela seperti ini....

2. Ambil / Copy kode HTML TV dari Indoweb
Sekarang,
ambil kode HTML/JavaScript untuk TV online nya dari IndoWeb
Tentunya, masuk dulu ke www.indoweb.tv lalu klik kode HTML yang ada pada kotak embed yang tersedia, klik kanan lalu pilih Copy

3. Paste-kan kode HTML di konten
Setelah itu, balik lagi ke Gadget HTML/Java Script blogger, lalu paste di bagian kotak Konten (1), Ketik nama Judul Gadget untuk blogmu (2) , dan jangan lupa klik tombol Simpan (3).
Sebaiknya, letakkan gadget ini pada ruang yang lebih lebar, misalnya di atas Posting atau di bawahnya, karena ukuran sidebar, biasanya lebih sempit, jangan sampai gadget TV online kita hanya terlihat sebagian, Gak asyik, kan.....
Penjelasan :
(1) Pindahkan dengan meng-klik and drag gadget Nonton TV Online Indonesia, misalnya di atas Posting Blog, supaya mendapat ruang yang lebih lebar, sesuai dengan ukuran frame yang diberikan Indoweb.
(2) Setelah memindahkan widget atau gadget, jangan lupa meng-klik tombol Simpan
(3) Untuk melihat hasilnya yang tampil di blog kita, klik tombol Lihat Blog ( ada dua tombol, yang mana saja, sama, ko.....)

Selamat mencoba.....